Monthly Archives: November 2011

Berkenalan dg Pala

Standar

Ini kejadian kemarin..
Bingung sekaligus bosen sm menu makanan yg itu2 aja, akhirnya search di internet menu olahan ayam (cz ayam yg plg gampang diolah), akhrnya nemu resep “Semur ayam kentang”.
Dlu sering bkin semur ayam resep dr mama, tp kata suami “semurnya hambar, rasa kecap tok”, jadilah aq males msk semur ayam. Begitu lht menu di internet ini, kok pke pala, sdgkn aq gk prnh pke klo pas bkin semur ayam. Nekat, tnp pengetahuan sedikitpun ttg wujud asli pala, akhrnya aq mencarinya ke pasar. Klo kluwek utk rawon sih aq ngerti, mbedain rempah2 kunyit jahe kencur dkk sih udah apal, tapi pala? Blas gk prnh tau.
Aq cari penjual yg asli jawa, trs nanya bisik2, “mbak, sing jenenge pala iku sing endi?” : “mbak, yg namanya pala tuh yg mana?”
Dg nepok jidat, si penjual menunjukkan wujud asli pala.
Bentuknya bulat kecil, lbh besar dr kemiri lbh kecil dr jeruk nipis, warnanya coklat tua klo dikocok bunyi klotakan, tuh didalamnya yg dipake buat campuran bahan bumbu halusnya semur.
Setelah berkenalan dg pala, lsg bereksperimen membuat semur ayam kentang. Hasilnya? Kata si yayah sih “enak mah!”, sedgkn si Aria makannya lahap bener, smp nambah trs. Yahh.. Lumayanlah buat first trial.
Pengalaman yg menyenangkan sbg org yg newbie dg hal masak memasak.
Gk perlu malu utk terus belajar.

Iklan

Menemanimu dalam suka dan duka, sampai maut memisahkan

Standar

Kali ini aq akn menceritakan kisah romantis antara mama dan papaku. Sebuah kisah nyata yg diceritakan oleh mamaku sndr saat menemani papa saat ajal menjemputnya.

Kisah ini terjadi tepat 40 hr yg lalu..
Sore itu papa menelpon mama, memberitahukan kalau beliau sdg ada di ruang ICU RS Siti Hajar Sidoarjo. Papa hanya menyuruh mama untuk cpt menyusul kesana.
Dg persaan khawatir dan berlinang air mata, mamapun menuju kesana.

Sesampainya di ICU, mama menemukan papa yg sdg tergeletak lemah menahan rasa sakit di jantungnya.
Mama mengajak papa mengobrol, menanya-nanyainya sekedar untuk mengalihkan perhatian papa dari rasa sakitnya.
Akhirnya suster jaga menyuruh mama keluar kamar supaya papa bs istirahat.
Dari luar mama melihat papa terus memejamkan matanya menahan rasa sakitnya.
Tidak tega, mamapun masuk kembali kedalam kamar.
Ditengah rasa sakitnya, papa masih memikirkan mama “istri sy nemani sy didalam aja sus, diluar banyak nyamuk”, begitulah kata beliau pd suster jaga.
Tp suster ttp menyuruh mama keluar dan mamapun sesekali ttp masuk kedalam kamar menemani papa.

Tak pernah putus doa mama agar sakit yg dirasakan papa bs segera hilang.
Sampai akhrnya suster dg panik memanggil mama diluar “masuk bu, bapak kejang-kejang”
Suster menyuruh mama utk terus mengajak papa bicara agar papa ttp sadar.
Mamapun menuntun papa untuk membaca kalimat-kalimat dzikir.
Papa kelihatan sangat kesakitan saat itu, sambil terus memegangi dadanya.
Mama yg hatinya remuk melihat semua itu hanya bisa terus mengalunkan kalimat-kalimat dzikir.
Bahkan saat papa mengalami naza’, mama dg sekuat tenaga memanggil-manggil papa sambil masih mengucap dzikir.

Dan akhirnya nyawa papa tdk tertolong lagi, setlh naza’ yg singkat, papa akhrnya meninggalkan mama dikamar itu.
Dg tetap menjaga kesadaran meski hati remuk redam krn terpukul, mama membuka kepalan tangan papa, menaruh kedua tangan papa dlm posisi spt orang yg sedang sholat, menutup kelopak mata papa yg sudah benar-benar tertutup.

Dan dg sisa-sisa ketegaran yg dimilikinya, mama menelponku. Aq adlh org pertama yg diberitahukan mama saat itu.
“ta, yg ihlas ya, jgn kaget, papa sudah meninggal”
Saat itu mama sendirian di RS, dan dg kesedihan yg teramat sangat, mama berusaha menegarkan hatinya dan mulai menelpon ke saudara kami, mengabarkan berita meninggalnya papa.

Mama meneladankan kpdku bahwa seorang istri harus setia dan selalu nurut pd suami, bhwa mama selalu ngopeni dan menemani papa bahkan saat ajal menjemput papa.

Aq ingin nantinya jg bs seperti mama, sanggup melakukan apa yg mama lakukan saat menemani papa disaat-saat terakhirnya.
Dan sampai sekarang mama akan selalu mendoakan ditiap sehabis sholat, dan selalu tak bosan mengingatkn anak-anaknya utk jg selalu mendoakan papa.
Sampai sekarang jg, kalau ada org datang melayat, mama selalu menceritakan kebaikan-kebaikan papa.

Mama adlh teldanku dlm segala hal.
Semoga mama selalu sehat dan ttp tegar menjalani hidup meski tanpa papa. Aamiiin.

Day by day… My routine

Standar

Ini bkn info yg pntg, buat org lain jg mgkn males mbacanya, tp aq pgn sekedar share aja. Ttg rutinitas harianku yg gk penting banget sbnrnya. Hehehe…

Tiap senin-jum’at (work& school day)
Weker emg sengaja aq setel utk bangun tiap jam 4.45 pgi, tp herannya tiap hr aq selalu bangun lebih pagi sblm weker bunyi(jam 4.30, pas adzan subuh).
Bangun, masak nasi, sholat subuh, masak. Ribet kira2 smp jam 6.30, suami brkt krj dg perut kenyang dan membawa bekal mkn siang buatanku. Sarapan itu penting, krn itu aq mewajibkn suami& anakku utk sarapan dlu sblm brkt krj& skolah.
Beres dg urusan dapur, waktunya nyuapin anak sarapan, krn dah mepet wktu mandi jd sarapan hrs dilakukan dg trik2 tertentu spy makannya lahap.
Selesai sarapan, mandi, nganter anak skolah, balik pulang dan leyeh2, atau klo lg gk males, beres2 dkit.
Tp seringnya aq memanfaatkn waktu privasi& sepiku ini dg go to dunia maya, atw tdr dg tenang.
Jrg skali aq dpt waktu privasi utk diriku sndr spt ini, jd hrs dimanfaatkn sebaik2nya, aplg cm berlaku slm kira 2jam.
Trs jmpt ank skolah smbl mampir pasar, plng.
Mkn siang, sholat dhuhur, tidur.
Bangun tdr siang, sholat ashar, bersih2, mandi.
Makan malam dan selanjutnya jam bebas.
Klo ibu2 rmh tangga biasanya sore2 ‘bersosialisasi’ smbl ngluarin anak, klo aq mls, sesekali aja aq kluar smbl ngobrol2 sm ttgga :p

Sabtu-minggu (skolah anak libur, suami ttp kerja di hari sabtu)
Pd dasarnya sabtu-minggu adlh hr santai, jdwl fleksibel, masak ttp dilakukan pagi2, kecuali klo suami libur krj maka hbs sholat subuh tdr lagi, tdk ada acara memasak, acara bebas seharian.
Prnh jg di satu hari minggu, seharian aq cm mls2n ditempat tidur yg amburadul, smbl go to dunia maya. Suami yg mengerjakn tugas rmh, mulai dr masak, nyuapin& mandiin ank, smp bersih2. Ohhh indahnya hidup saat dimanjakan spt itu. Xixixi…

Spt hari sabtu skrg ini, anak libur skolah, suami krj. Dapur msh berantakan, cucian piring numpuk, rmh kyk kpl pch, tp aq msh santai leyeh2 dikasur smbl go to dunia maya.
Sabtu adlh hari fleksibel dg kerjaan menumpuk.
Banyak krjn hr ini, setrika baju, ngepel, bersih2. Tp krn ini hari fleksibel jd bs dilakukn kpn sj, terserah aq, yg pntg sblm suami plg krj, semua krjn dah beres.
Bermalas2n bukanlah sebuah dosa utk ibu rmh tangga, asal kerjaan beres pd waktunya, inget waktu, buatku nyantai 2jam saat rmh msh dlm keadaan amburadul adlh hak sy, asal aq tahu waktu, stlh puas nyantai, mulai ruwet dg krjn rmh lg.

Kind of boring dg segala rutinitas harianku? Sure it is boring. Tergantung bgmn kita sebisa mgkn menyisipkn hal2 kecil yg indah& menyenangkan tiap harinya.
Kdg aq ke warnet, download lagu2 utk memperbanyak library hp.
Go to dunia maya adlh hiburan terampuh buatku tiap harinya.
Kdg aq suka pergi ber2 sm anakku (biasanya hr sabtu), cm utk refreshing dg ngajak dia ke playground atau berenang. Ngeliat anakku tertawa bahagia adlh suntikan semangat buatku.
Kdg jg aq beli snack kesukaan, spt coklat, burger, ice cream, sbg reward utk diriku sndr krn sudah lelah bekerja seharian.

Hidup itu tergantung pd bgmn kita menjalaninya hari demi hari. Tdk perlu pusing memikirkn apa yg akn terjadi bsk, yg penting lakukan yg terbaik utk hr ini, dan lakukn yg lbh baik lg esok hr.
Hidup itu indah klo kita tahu bgmn menikmatinya.
Enjoy your life, day by day ^.^

Buat yang newbie naik pesawat

Standar

Info ini buat yg newbie atau pertama kali naik pesawat.
Kali ini sbg contoh aq akn menceritakan perjalananku dr Surabaya (Juanda) ke Batam (Hang nadim).

Datang di terminal keberangkatan domestik (klo pke Garuda Indonesia masuknya ke terminal keberangkatan luar negeri), trus utk lbh praktis, cari trolly buat ngangkut barang bawaan (klo cm bw 1tas ransel atau 1koper sih gk perlu pke trolly), atau klo bawa anak dan bnyk bw barang bs pke jasa mas-mas pegawai bandara berseragam yg biasanya mangkal didekat trolly, mereka mau dibayar seikhlasnya (waktu itu pernah aq ksh 10rb dan gk protes).

Siapin tiket utk diperiksa di pintu masuk. Trs masuk utk pemeriksaan brg2. Masukin semua barang bawaan ke mesin pemeriksa, termasuk tas kecil yg berisi dompet& hp, keluarin dlu hapenya, taruh hp diatas meja pemeriksaan, masukin tas kecilnya ke mesin, kitanya masuk melewati palang pemeriksaan. Ambil barang2 yg keluar dr mesin, dan penting: jgn lupa ambil hp yg kita taruh diatas meja td.

Stlh brg2 diperiksa td, ati2 krn didekat mesin pemeriksa barang ada mas-mas yg akn narik trolly kita, mereka menawarkan jasa pembungkusan barang. Buat yg newbie, ati2 sm org2 kyk gni, klo kita ngerasa brg Qt udh dibungkus ckp kuat dr rmh, koper& tas jg sudah tertutup dg aman, mending jgn terima tawaran mereka. Dlu kupikir jasa mereka gratis dr bandara, ternyata berbayar.
Tips: lbh baik brg2 bawaan dibungkus dg kuat& baik dr rumah.
Kardus diselotip dg kuat& diberi tanda spy gk ketuker dg kardus pny org lain.
Tas& koper yg nantinya akn dititipkn di bagasi pesawat, lbh baik digembok/ dikunci spy isinya gk berserakan& menghindari brg2 hilang.

Menuju meja check in, penyimpanan bagasi& cetak tiket.
Ada banyak meja berjejer, kita cari maskapai yg kita pakai& kota tujuan kita. Waktu itu aq menuju ke meja 32, lion air ke Batam.
Dsnilah proses check in, biasanya ngantri dsni, karena itu lbh baik kita dtg plg tdk 90 menit sblm pesawat brkt.
Tunjukkan tiket, KTP dan bayar 40rb/ orang utk P2PJPN (entah apa itu).
Tiket print kita akn dgnti dg tiket asli, simpen baik2. Perhatikan gate berapa& seat brp kita di pesawat nanti.
Taruh barang yg mau dititipkan ke bagasi ke atas mesin berjalan, usahakan berat barang <25 kg, krn batas max bagasi adlh 25kg, klo lbh akn dikenakan biaya tambahan.
Barang kita akn ditempeli stiker, sm jg dg tiket lama kita jg akn ditempeli stiker yg nantinya akn dipakai utk ngambil bagasi di bandara tujuan.
Simpen baik2 tiket lama dan tiket baru yg dicetak di meja check in td.

Menuju lt.2, ati2 buat newbie, di lt.2 ada mbak-mbak dr jasa asuransi akn mengecoh kita dg blg "mana tiketnya mbak?"
Klo org awam bs2 lsg ngasih tiket utk dikenakan biaya asuransi tambahan yg sbnrnya gk perlu. Klo ada mbak-mbak spt ini, tolak aja, jgn asal ngasih tiket.

Menuju waiting room.
Liat di tiket baru yg kita dpt dr meja check in td, kita harus menuju ke gate berapa, cari gate nya.
Sblm masuk gate, klo mau ke kmr mandi lbh baik ke kmr mandi dlu krn di waiting room di Juanda gk ada toiletnya.
Stlh ketemu gate nya, masuk, masukkan barang bawaan yg tersisa ke mesin, taruh hp diatas meja, tunjukkan tiket baru dn lewati palang pemeriksaan.
Jgn lupa ambil kembali brg dr mesin& hp dr atas meja.
Duduk, tunggu smp mendekati jam keberangkatan, petugas akn menyebutkan maskapai& kota tujuan kita. Masuk, tunjukkan tiket.

Masuk pesawat.
Lht di tiket brp nomor seat kita, klo kesulitan bs tny mbak pramugari. Brg bawaan bs ditaruh di bagasi diatas seat atau di bagian kaki, asal gk ngganggu org lewat.
Duduk dan selamat menikmati perjalanan anda. Jgn lupa matikan hp.

Smoothing

Standar

Pas lg di surabaya, banyak sodara yg komen gk enak soal rambutku.
“kok tambah kriting ta?”
“rambutmu kok tambah parah?”
“si rambut singa”
Intinya, gk ada satupun yg muji rambutku, aq jg ngerasa di surabaya yg panas ini bkin rambutku tambah kering. Bikin stress.
Akhirnya sesuai saran suami dan desakan dr mama& adikku yg semakin gerah gk tahan lht rambutku, maka barangkatlah aq smoothing, dg menitipkan aria ke mama.

Siap2 tenaga, bokong dan duit.
Tenaga utk jln kaki cz salonnya ckp jauh dr rumah dan gk ada motor.
Bokong cz konon katanya smoothing bs makan waktu 4-5 jam.
Duit buat bayar tentu sj, smoothing gk murah tp konon katanya rambut bakalan aluuusss, krn itu mahal. Harga tergantung tebal tipisnya dan jenis rambut.

Sblm brkt aq keramas dirumah, berharap rambut singaku bs dijinakkan dan menipu si tukang salon dan dikasih harga murah. Tak dinyana, smp di salon, si empunya salon ternyata meng-hair dryer rambutku shg jd mengembang hebat dan menunjukkan sisi kesingaannya. Lsg dia matok harga.
“275rb mbak”
Aq ambil dompet, kutunjukkan ke dia
“uangku cm 270rb mbak, diskon ya?”
Dia ngangguk dan lsg digarap deh rambutku.

Prosesnya: dikasih obat pelurus- nunggu- dicuci- dikasih vitamin rambut- dikeringkan- dicatok- dikasih obat pelurus lagi- nungggu lg- dikeramas lg.
Begitulah kurang lbh proses smoothingnya.
Yg paling menyakitkan (selain ludesnya isi dompet) adlh waktu dicatok. Rambutku yg lebat mengembang plus agk keriting membuat si empunya salon kewalahan, keringatnya bercucuran, keliatan cpk dn agk kesel gt mukanya, mgkn krn dia sebel itulah proses pencatokan ini berlangsung menyakitkan, rambutku ditarik serasa dipaksa dicabut dr akarnya, seringkali aq smp mencengkeram pegangan kursi utk menahan sakit. Ampun deh.

Setelah pas 4jam aq ndekem di kursi itu, akhirnya selesai jg.
Hasilnya? Rambut lurus lepek, bkin jidatku kliatan selebar lapangan bola.
Setelah diberi wejangan larangan2 selama seminggu ini (dilarang cuci rambut selama 3hr, dilarang mengikat rambut, dilarang pake helm, hbs keramas wajib pke conditioner dan vitamin rambut, sering2 creambath, hair mask dan sejenisnya) akhrnya aq plng dg hati senang dg transformasiku.

Skrg sudah 1bln stlh smoothing dn rambutku sudah terlihat bagus, gk lepek lg, tergerai indah lurus. Ohhh… Kini wajahku terlihat beda dan (ehemm) lebih kelihatan cantik.
270rb dn 4jam proses itu kini terbayar sudah, sepadan dg hasil yg kudapat.

Nasi+ sayur bayem+ dadar jagung+ sambel terasi

Standar

Nasi+ sayur bayem+ dadar jagung+ sambel terasi…
Adalah menu di keluarga santoso hari ini, sederhana, seger, enak dan yg paling penting, semua doyan.
Di trimester awal kehamilan skrg ini aq sering gk doyan makan, perut mual dan mulut pait, begitu mulut kemasukan menu ini rasanya… Mmmmhhh… Doyan!!
Dadar jagung manisnya yg bkin makan jd lahap, atau sambel terasi yg (tak akoni nek keasinen) bkin sempurna masakan favoritku ini.
Aq baru bisa benar-benar ‘makan’ hari ini, krn sblm2nya makan cm sekadarnya utk formalitas aja biar perut terisi makanan.
Setelah sepiring habis, luangkan waktu sejenak utk ngrokoti jagung manisnya, empuk, manis, juicy.
Alhamdulillahhhh…

*hidup bisa jd istimewa jika anda tahu bagaimana menikmatinya*

Kami sudah ikhlas

Standar

Menjelang 40hr meninggalnya papa…
Kami msh jg sering menangis saat terlintas kenangan manis bersama papa, melihat foto2 papa, mendengar lagu2 Chrisye kesukaan papa, setiap hal kecil bisa membangkitkan kenangan bersama papa.
Aq ingat betul, papa yg mengajari utk disiplin, berangkat jgn terlambat, pulang kerumah harus tepat waktu. Bahkan dlu papa menerapkan jam malam agar anak-anaknya gk keluyuran smp mlm.

Kini kami sudah benar-benar ikhlas, bahwa ini memang jalan yg terbaik utk kami semua.
Memang berat ditinggalkan oleh orang yg kita sayangi apalagi bagiku masih kurang sekali waktuku yg kugunakan utk berkumpul brsm papa krn aq tinggal jauh darinya.
Tapi tdk ada yg perlu disesali skrg.
Skrg kami hanya bs mandoakan papa, menjaga keluarga kecilku, mama, aan, yayah dan aria. Menghabiskan sebanyak mungkin waktu bersama mereka, menelpon mama lbh sering, hal yg dlu jrg kulakukan, memantau keadaan disana, memastikan bahwa meskipun aq jauh tp aq akn selalu menjaga mereka.

Kami ikhlas, pa…
Semoga kau mendapat tempat terbaik di sisi Allah. Aamiiin.